Senin, 21 November 2016

Daftar isi Kurikulum SD. Suluh Harapan, 2016/2017



KURIKULUM SEKOLAH DASAR SULUH HARAPAN
TAHUN PELAJARAN 2016/2017




Jalan Damai, Kelurahan Kapuas Kanan Hulu.
Telp. (0265) 21240 - Kode Pos. 78614
Kecamatan Sintang – Kabupaten Sintang

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan  ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan limpahan rahmat serta Karunia-Nya SD Swasta Suluh Harapan telah dapat menyusun Kurikulum. Penyusunan Kurikulum merupakan salah satu upaya mengelementasikan dari Standar Isi  (SI), Standar Kelulusan (SKL), Standar Proses, serta Standar Penilaian (SP). Kurikulum ini menjadi acuan atau pedoman dasar dalam kegiatan selama tahun pelajaran 2016/2017.
Kurikulum SD Swasta Suluh Harapan disusun dengan mengacu pada standar isi (SI) dan standar Kompetensi Kelulusan (SKL) yang telah ditetapkan oleh BSN dan mengacu pada model-model Kurikulum yang dihasilakan oleh pusat kurikulum. Namun kami menyadari  bahwa Kurikulum ini masih belum sempurna. Penyempurnaan secara berkelanjutan akan terus dilakukan seiring kajian-kajian standar yang telah terbitkan, seperti standar proses, standar pendidikan dan tenaga pendidik, standar sarana prasarana. Standar pengelolaan, standar penilaian,  dan kelak akan dikaji berdasarkan standar pembiayaan yang sampai saat disusunya Kurikulum ini belum diterbitkan diharapkan dapat menjadi sumber acuan dalam penyusunan  kurikulum di sekolah kami.
Kurikulum Sekolah ini merupakan refrensi bagi Kepala Sekolah, para Guru, Komite, orang Tua Murid dan Pembina lainnya dalam memahami dan melaksanakan  Standar Nasional Pendidikan, khususnya Standar Isi dan Standar Lulusan. Sekolah melakukan pengembangan sesuai dengan keadaan, potensi dan kebutuhan  sekolah.
Sekolah Dasar Swasta Suluh Harapan menyampaikan penghargaan dan terima kasih       kepada  semua pihak, terutama komite sekolah, para guru dan tokok masyarakat di sekitar sekolah yang banyak membantu sehingga terlasanya penyusunan kurikulum ini. Semoga kurikulum  Sekolah ini memberi inspirasi kepada Kepala Sekolah, para Guru dan Komite Sekolah dalam Pengelolaan Sekolah, untuk kemajuan  Pendidikan di Sekolah Dasar Swasta Suluh Harapan.

Sintang, 01 Juni 2016
Kepala Sekolah

Marcella, S.Pd

HALAMAN PENGASAHAN



Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka bersama ini kami sahkan Kurikulum Sekolah Dasar Suluh Harapan untuk diberlakukan pada tahun pelajaran 2016/2017


Ketua Komite Sekolah


(Achmad Sohari)

Sintang, 01 Juli 2016
Kepala Sekolah


Marcella, S.Pd








Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten Sintang


(M. Afen, S.Pd)



Kepala Dinas Pendidikan
Cabang Sintang


(AchmAdi, S.Pd)

           

DAFTAR ISI

  KATA PENGANTAR ...............................................................................................................   i
  LEMBARAN PENGESAHAN ..................................................................................................... ii
  DAFTAR ISI  ...............................................................................................................................  iii

  BAB. I          PENDAHULUAN ................................................................................................... 1
A.                Latar Belakang .............................................................................................. 2
B.                Tujuan Pengembangan Kurikulum ............................................................... 2
C.                Prinsip Pengembangan Kurikulum ............................................................... 2
1.      Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan
Peserta didik dan lingkungannya ............................................................ 2
2.      Beragam dan terpadu ............................................................................... 3
3.      Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan
Seni .......................................................................................................... 3
4.      Relevan dengan kebutuhan kehidupan .................................................... 3
5.      Menyeluruh dan kesinambungan ............................................................. 3
6.      Belajar sepanjang hayat ........................................................................... 3
7.      Keseimbangan antara kepentingan nasional dan daerah ......................... 4
D.                Pengertian Istilah ............................................................................................ 6
1.      Kurikulum ................................................................................................. 6
2.      Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ....................................... 6
3.      Silabus ....................................................................................................... 6
4.      Rencana Pembelajaran .............................................................................. 6

BAB. II           TUJUAN PENDIDIKAN  .......................................................................................  8
A.                 Tujuan Pendidikan Dasar ............................................................................... 8
B.                 Visi Sekolah ................................................................................................... 8
C.                 Misi Sekolah .................................................................................................. 8
D.                 Tujuan Sekolah .............................................................................................. 9

BAB III.         STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM ....................................................... 10
A.            Struktur Kurikulum ...................................................................................... 10
B.            Muatan Kurikulm .......................................................................................... 13
1.             Mata Pelajaran .................................................................................... 13
2.             Muatan lokal ....................................................................................... 13
3.             Pengembangan Diri ............................................................................. 14
4.             Pengaturan Beban Belajar ................................................................... 16
5.             Ketuntasan Belajar ............................................................................... 17
6.             Kenaikan Kelas  ................................................................................... 17
a.       Kriteria kenaikan Kelas ................................................................. 17
b.      Penentuan kenaikan kelas .............................................................. 18
7.             Kelulusan ............................................................................................. 18
a.       Menyelesaikan seluruh progam pembelajaran .............................. 18
b.      Kriteria dan penentuan kelulusan .................................................. 18
8.             Mutasi .................................................................................................. 19
9.             Penerimaan Siswa Baru ....................................................................... 19
10.         Pendidikan Kecakapan Hidup ............................................................. 20
11.         Pendidikan  berbasis keunggulan Lokal dan Global ........................... 20

BAB. IV         KALENDER PENDIDIKAN .................................................................................. 21
A.                Permulaan Tahun Pelajaran .......................................................................... 21
B.                Waktu Belajar ............................................................................................... 21
C.                Kegiatan Semester ........................................................................................ 22
D.                Libur Sekolah ................................................................................................ 22
E.                 Jadwal Kegiatan ........................................................ ................................... 23

BAB. V           KEADAAN SEKOLAH DAN POTENSI SEKOLAH ........................................... 38
A.                Profil Sekolah ............................................................................................... 26
B.                Lingkungan Sekolah ..................................................................................... 26
1.      Tanah dan bangunan ............................................................................... 26
2.      Ruangan fasilitas ..................................................................................... 27
C.                Profil Kepala Sekolah, Guru dan Pegawai ...................................................  27
1.      Kepala sekolah ........................................................................................ 27
2.      Guru (tenaga Pendidik) dan pegawai ...................................................... 27
D.                Keadaan Siswa............................................................................................... 28
1.      Jumlah calon siswa ................................................................................. 28
2.      Jumlah siswa ........................................................................................... 28
3.      Jumlah peserta ujian dan melanjutkan pendidikan ................................. 28
4.      Jumlah siswa putus sekolah .................................................................... 28
5.      Jumlah siswa yang tinggal kelas ............................................................. 29
6.      Hasil Ujian Akhir Sekolah ...................................................................... 29
7.      Prestasi siswa dalam bidang akademik non reguler ................................ 29
E.                 Orang Tua...................................................................................................... 29
1.      Pekerjaan Orang tua ................................................................................ 29
2.      Bentuk keterlibatan orang tua ................................................................. 29

BAB VI          PROGRAM KERJA TAHUNAN KEPALA SEKOLAH ....................................... 31
                        A.        Bidang Organisasi ........................................................................................ 31
                        B.        Bidang Kurikulum ........................................................................................ 31
                        C.        Bidang Kepegawaian .................................................................................... 32
                        D.        Bidang Keuangan ......................................................................................... 32
                        E.         Bidang Sarana dan Prasarana ....................................................................... 32
                        F.         Bidang Ketatausahaan .................................................................................. 32
                        G.        Bidang Kemuridan ........................................................................................ 35

BAB VII         PENUTUP ................................................................................................................ 37



Tidak ada komentar:

Posting Komentar